Foto Latsar PB2016Humas-stks, Bandung – 423 Orang Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, mengikuti kegiatan Latihan Dasar Penanggulangan Bencana (Latsar PB) dan Kesadaran Belanegara, bertempat di Kampus STKS dan Depo Pendidikan (Dodik) Belanegara Rindam III Siliwangi, Cikole Lembang, Jawa Barat, Kamis-Minggu (4-7/8).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru STKS Bandung setelah mengikuti kegiatan Pengenalan Program Institusi (PPI).

Ada yang berbeda pada pelaksanaan kegiatan Latsar PB tahun ini dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yaitu adanya perpaduan materi antara penanggulangan bencana dengan materi kesadaran belanegara. Hal ini sebagai bukti bahwa STKS Bandung sebagai perguruan tinggi ikut mendukung dan menyukseskan program pemerintah khususnya dalam kegiatan belanegara.

Latsar PB yang dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam penanggulangan bencana mulai dari tahap pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Sedangkan latihan kesadaran belanegara bertujuan untuk menanamkan dan membangkitkan kembali semangat nasionalisme khususnya dikalangan mahasiswa yang saat ini mulai mengalami degradasi.

Hasil yang diharapkan setelah melaksanakan dan mengikuti kegiatan ini mahasiswa STKS Bandung menjadi mahasiswa yang sigap dan tangguh dalam menghadapi bencana yang terjadi di masyarakat, disiplin dan memiliki etika yang baik serta memiliki jiwa semangat nasionalisme yang tinggi sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.(f.rizki)***