Mengingat kehadiran jurnal ilmiah mempunyai posisi yang sangat strategis dan penting, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung menyelenggarakan Workshop Penerbitan Jurnal Internasional yang dibuka oleh Ketua STKS Bandung Bapak Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 bertempat di Hotel Jayakarta Bandung. Workshop ini bertujuan untuk me-“launching” jurnal internasional yang bernama “Journal of Social Work Practice” dan memberikan penguatan kapasitas bagi para dosen STKS sebagai penulis pada tingkat internasional yang ter-indeks.

Workshop Jurnal Internasional

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh para dosen, pejabat struktural terkait, perguruan tinggi lain, dan BBPPKS Bandung dengan menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta M. Nida Fadlan, M.Hum dan pakar jurnal internasional Irianti Usman, Ph.D yang memberikan bimbingan dan arahan  agar ‘Journal of Social Work Practise” dapat berkembang dan meningkatkan kualitas mutu tulisan dan pengelolaannya.

Dalam sambutannya Ketua STKS Bandung menyampaikan harapan agar STKS Bandung dapat memberikan kontribusi langsung bagi perkembangan pekerjaan sosial di tingkat internasional. Selanjutnya eksistensi jurnal ilmiah bagi STKS Bandung mempunyai empat fungsi utama: Pertama, sebagai sarana mempublikasikan klaim terhadap temuan, gagasan dan ide baru terkait perkembangan keilmuan praktik pekerjaan sosial sehingga berfungsi sebagai registrasi bagi temuan, ide, dan gagasan baru. Kedua, berfungsi sebagai sarana mengkomunikasikan dan disseminasi gagasan, ide, dan temuan kepada khalayak umum termasuk kepada pemangku kepentingan. Ketiga, jurnal ilmiah berfungsi sebagai sertifikasi dan keempat, mempunyai fungsi sebagai catatan arsip dalam menjaga ilmu pengetahuan agar dapat tersimpan secara permanen dan dapat diakses kembali setiap saat oleh stakeholders yang membutuhkan.

Semoga kahadiran jurnal STKS Bandung yang bernama “Journal of Social Work Practice” menjadi Jurnal Internasional dan menjadi momentum gerak maju STKS Bandung untuk berkarya bagi perkembangan praktik pekerjaan sosial konteks Indonesia.***NN