Humas-StKs, Bandung – 4 (empat) narasumber dari Saxion University of Applied Sciences of Netherlands yaitu Prof. Paul Nijman, Mr. Jan Deen, Ms. Maartje Bulthuis dan Ms. Vika Matuzaite, hadir di Kampus STKS Bandung untuk mengisi materi workshop yang dilaksanakan Senin pagi (23/10). Mengambil tema Workshop of Social Work Practice, kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial  dan Program Pascasarjana Spesialis-1 Pekerjaan Sosial, fungsional dosen serta undangan dari BBPPKS Bandung dan PSBN Wyata Guna Bandung ini, bertujuan untuk membahas materi yang berkaitan dengan komunikasi intrapersonal dan kelompok serta pendekatan terhadap kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Pada penyampaian materi, narasumber menyampaikan bahwa komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan sosial masyarakat, karena dapat mendekatkan dan memberikan suatu kepercayaan diri pada pelakunya. Berkomunikasi secara intensif juga mampu mencegah pelanggaran sosial seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan sebagainya. Suatu komunikasi intrapersonal maupun kelompok bisa dilakukan apabila kita memenuhi 8 aspek yaitu Leading, Helping, Cooperative, Following, Withdrawn, Rebellious, Offensive dan Competitive, yang apabila diintegrasikan satu sama akan menciptakan komunikasi secara sadar pada hubungan relasi yang berdampak pada interaksi yang diinginkan dengan orang lain.

Terkait masalah KDRT, telah diatur sedemikian rupa dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dimana terdapat 10 bab dan 56 pasal di dalamnya yang dapat menjadi payung perlindungan hukum bagi anggota keluarga dalam rumah tangga, khususnya perempuan, dari segala tindakan kekerasan. Selain aturan hukum, keberadaan pekerja sosial dipandang penting untuk melakukan pendekatan terhadap masalah KDRT, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui aturan hukum tersebut. Pekerja sosial juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada korban agar mampu bersosialisasi seperti biasanya dan menghilangkan trauma.***agung