Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 diperingati oleh seluruh sivitas akademika STKS Bandung dengan melaksanakan upacara bendera pada Senin pagi, 29 Oktober 2018. Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

upacara3 upacara1 upacara5 upacara6 upacara2 upacara4 upacara8 upacara7

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua STKS Bandung, Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Imam Nahrawi, mengutip pesan dari Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,”
Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generansi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.
Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Saatnya kita Berani Bersatu untuk Kemajuan dan Kejayaan Indonesia.