Humas-Stks, Bandung – 600 peserta dari 13 Satuan Kerja Eselon II di lingkungan Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S), Kementerian Sosial RI, berkumpul di Bandung untuk mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) 2019. Mengusung tema “Sumber Daya Manusia  Kesejahteraan Sosial Yang Handal dan Berkarakter”, kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari pada 27-30 Juni 2019 di Hotel Grand Aquila. Acara pembukaannya dipimpin langsung oleh Kepala BP3S, Harry Z. Soeratin, didampingi oleh 12 Kepala Satker lainnya yang ditandai dengan pelepasan balon di pelataran lobby hotel.

 

 

Rakernis merupakan kegiatan yang dirancang untuk mensinergikan ketepatan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi terhadap kerangka kebijakan, regulasi, program, kegiatan dan anggaran dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kelembagaan dan pelayanan kesejahteraan sosial. Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan seluruh satuan kerja di lingkungan BP3S dapat menyempurnakan penyelenggaraan program pendidikan, penelitian dan penyuluhan sosial serta mampu mengevaluasi kontribusinya terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) kesejahteraan sosial.

STKS Bandung yang ditunjuk sebagai tuan rumah merancang berbagai kegiatan yang menarik melalui berbagai metode pelaksanaan. Di hari pertama Rakernis, seluruh peserta mengikuti paparan dan diskusi bersama narasumber dari Bappenas RI, Raditia Wahyu Supriyanto, tentang Arah Kebijakan dan Strategi Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Dalam Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020. Pada hari selanjutnya, peserta dari 13 satker bersaing untuk memenangkan berbagai perlombaan seperti Senam Kaka Enda, Tenis Meja, Catur, Billiar, Rias Wajah, Quiz Android, Memasak, Lempar Air, Gebuk Bantal, Battle Dance dan Karaoke. Semua perlombaan dikemas dalam suasana santai dan menghibur dan sedapat mungkin tidak membahayakan keselamatan peserta yang berpatisipasi. Tidak lupa peserta Rakernis juga dibekali dengan pemberian motivasi oleh salah satu motivator Bandung,  Zae Hanan.

Dari hasil rekapitulasi seluruh perlombaan, akhirnya STKS Bandung kembali meraih juara pertama, disusul oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta. Dengan demikian STKS Bandung berhasil mempertahankan prestasi sebagai juara umum, setelah tahun lalu berhasil diraih di Rakernis Banjarmasin. Ada yang sedikit berbeda dalam penentuan tuan rumah pelaksaan Rakernis, dimana pada tahun sebelumnya yang bertindak sebagai tuan rumah adalah satker yang menjadi juara umum. Sesuai dengan keputusan Sekretaris BP3S maka Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta akan bertindak sebagai tuan rumah kegiatan Rakernis Tahun 2020.***nyna