CAT adalah Computer Asisstend Test yaitu Seleksi dengan system computer menggunakan Cepat Akurat dan Transparan Pengoperasian cukup menggunakan tetikus (mouse) untuk memilih jawaban yang benar. Bagi sebagian besar peserta, mekanisme kerja sistem CAT ini tidak terlalu sulit karena pada era sekarang penggunaan teknologi informasi khususnya dalam penggunaan komputer sudah menjadi hal yang biasa.
Sistem CAT dikembangkan dengan berbasis teknologi informasi melalui sebuah aplikasi yang terintegrasi kedalam sebuah station. Di Indonesia, station CAT ada pada seluruh Kantor Regional BKN maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT BKN) yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

cat-03 cat-05 cat-06 cat-02 cat-04 cat-01

 

 
Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung melalui UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data bekerja sama dengan Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung mengadakan pelatihan simulasi CAT di kantor BKN Bandung, selama 2 hari mulai Tgl 28-29 Agustus 2019.
Kegiatan pelatihan simulasi Computer Asisstend Test (CAT) di buka oleh Bapak Usman, S.Pd, MM. Kabag TU perwakilan dr BKN dan Dr Epi Supiadi, M.Si perwakilan dr Poltekesos, sedangkan narasumber dari pihak BKN Bandung. Sedangkan peserta dari alumni dan mahasiswa akhir poltekesos sebanyak 165 mahasiswa
Pelatihan ini dimaksudkan agar para alumni maupun mahasiswa angkatan terakhir mampu dan trampil dalam menggunakan CAT pada saat Tes CPNS dan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (P3K) dengan hasil yang maksimal, sehingga lulusan Poltekesos dapak berkiprah di dunia kerja khususnya di Aparatar Sipil Negara (ASN)

Pelatihan ini terbagi atas 3 sesi, Sesi 1 dan 2 dilakukan pada hari Rabu tanggal 28 agustus 2019, dan sesi ke 3 dilakukan pada hari Kamis, tanggal 29 Agustus 2019 di Kantor Regional III BKN Bandung. Sedangkan waktu yang dibutuhkan 30 menit untuk 50 Soal yang harus dikerjakan.

(kontributor berita & foto : eko gunawan wibisono)