Untuk meningkatkan publikasi berbagai karya ilmiah, civitas akademika Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung menggelar kegiatan Penyusunan Indeksasi Jurnal Ilmiah.

Dengan indeksasi jurnal ke lembaga pengindeks bereputasi akan membantu mempromosikan jurnal yang diindeksasikan kepada publik.

“Jika jurnal terindeks di banyak database secara tidak langsung memudahkan sitasi secara global. Sehingga meningkat pula sitasi jurnal dan reputasi jurnal otomatis akan meningkat, ” ujar Dr Marjuki, Direktur Poltekesos Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Kegiatan Penyusunan Indeksasi Jurnal Ilmiah Poltekesos Bandung, dihadiri oleh pengelola jurnal dengan narasumber Busro dari Univerasitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

“Inti kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Teknis Open Journal System (OJS) dan Penyusunan Pengindeks Jurnal Ilmiah kepada pengelola jurnal serta civitas akademika Poltekesos Bandung, ” katanya.

Kegiatan diisi dengan materi Strategi Indeksasi Jurnal terindeks Directory of Open Accsess Journals (DOAJ).

 

 

Adapun informasi yang perlu dimasukan ke dalam DOAJ untuk Jurnal Web Site meliputi: Pertama, per jurnal atau multi jurnal yang setiap jurnal Uniform Resource Locator (URL) unik;

Kedua, informasi terpusat di laman; Ketiga, jangan meniru laman jurnal lainnya. Keempat, laman yang jelas, ringkas, mudah navigasi; Kelima, penggunaan bahasa benar dan pastikan memeriksa ejaan dengan benar.

Sejak 2012 hingga saat ini, jurnal ilmiah Poltekesos Bandung telah dipublish dan rutin menerbitkan dua volume setiap tahun melalui link jurnal.poltekesos.ac.id.[mor]

 

sumber : Indonesiaplus.id