Rasa nasionalisme Wunige M Monika Moage dan Enah Fitriani terusik, ketika isu perpecahan dan konflik sosial terjadi di Jawa Timur dan menjalar hingga ke tanah Papua dan Papua Barat.

“Kondisi itu menginspirasi membuat video berisi pesan bahwa kami mahasiswa asal Papua tengah belajar di Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung. Kendati berbeda suku, ras dan agama, namun tetap satu Bhineka Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati, ” ucap Monika di Bandung, Selasa (10/9/2019).

Video itu pun tayang di salah satu stasiun televisi nasional, hingga keduanya mendapatkan undangan untuk mengikuti kegiatan “Seminar Nasional Cinta NKRI” yang digelar mulai 8 hingga 10 September 2019 di Jakarta.

Selain itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat mengikutsertakan dan memilih keduanya menjadi perwakilan mahasiswa yang tengah belajar di Jawa Barat berasal dari Papua.

“Puncaknya kami diundang untuk mengikuti pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para tokoh Papua di Istana Negara Jakarta” pungkasnya.[mor]

sumber Indonesiaplus.id