UJIAN LISAN PRAKTIKUM III : MENGUJI KEMAMPUAN MAHASISWA BEKERJA DENGAN MASYARAKAT

Mahasiswa  Prodi Diploma IV Angkatan 2012  mengikuti Ujian Lisan Praktikum III selama 2 hari pada 2-3 Mei 2016, selesai melaksanakan Praktik Lapangan selama tiga bulan di di 4 kecamatan dan 52 desa di Kabupaten Garut.

Mahasiswa Prodi Diploma IV Angkatan 2012 mengikuti Ujian Lisan Praktikum III pada 2-3 Mei 2016, setelah melaksanakan Praktik Lapangan selama tiga bulan (15 Februari s.d 15 April 2016) di empat kecamatan dan 52 desa di Kabupaten Garut. Praktik lapangan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan Praktik Pekerjaan Sosial Makro Komunitas dan mampu melakukan analisis kebijakan pada tingkat desa yang terintegrasi dengan kewenangan pemerintah kabupaten. Ujian Lisan Praktikum III ini dibagi ke dalam 26 meja, masing-masing dengan 11-12 peserta ujian. Durasi waktu ujian lebih kurang 45 menit per peserta dan boleh disaksikan oleh mahasiswa angkatan bawah untuk memberikan pengalaman sekaligus pembelajaran bagaimana cara presentasi yang baik dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh penguji. ***(Tim Humas)

 

PERINGATAN HARDIKNAS 2016

PhotoGrid_1462177262842Humas-Stks, Bandung – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 berlangsung khidmat tadi pagi (2/5) di Kampus STKS Bandung, yang diikuti oleh pegawai, fungsional dosen, perwakilan OKM/UKM, nominator mahasiswa berprestasi dari Diploma IV dan Pascasarjana Spesialis-1 serta mahasiswa Diploma IV dari angkatan 2012 yang akan mengikuti Ujian Lisan Praktikum III. Mengambil tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”, peringatan Hardiknas 2016 menjadi seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi, yang telah dimulai oleh Ki Hajar Dewantara pada masanya. Hal ini sudah menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi tantangan luar biasa baik skala lokal, nasional mau pun global. Kehadiran teknologi informasi komunikasi serta masyarakat ekonomi berbasis pengetahuan juga menyebabkan perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak dapat ditawar lagi.

“Banyak pekerjaan yang perlu dilakukan dalam mereformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi – deregulasi, penyediaan pendidikan yang fleksibel dan berorientasi pada siswa dan pangsa pasar, perubahan kurikulum, penyediaan dosen, guru besar dan tenaga kependidikan yang professional, pendidikan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, model bisnis pendidikan yang baru, orientasi pada keterampilan yang  teruji dan berdaya saing, pengembangan bidang ilmu strategis, revitalisasi kelembagaan serta kemampuan pendidikan tinggi untuk menghasilkan riset dan inovasi yang kompetitif”, demikian papar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua STKS.

PhotoGrid_1462177377906

Tidak hanya memperingati Hardiknas saja, momen ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk menyerahkan penghargaan kepada purnakaryawan, Drs. Eddy Yusup, M.Pd, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) serta Pembantu Ketua II dan Pembantu Ketua III purna tugas, Drs. Nono Sutisna, MH dan Meiti Subardhini, M.Si., Ph.D.

Di saat yang bersamaan juga diumumkan dan diserahkan penghargaan kepada mahasiswa Diploma IV dan Pascasarjana Spesialis-1 yang berhasil terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017. Penghargaan Mapres ini didasarkan pada beberapa kriteria penilaian, yaitu Indeks Penilaian Kumulatif (IPK); Penilaian dosen wali yang meliputi motivasi belajar, tanggung jawab, kemampuan, sopan santun, kerapihan dan penampilan; serta Penilaian dari Sub bagian registrasi dan Data Mahasiswa. Melalui pemilihan Mapres ini, mahasiswa didorong untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan serta berlomba-lomba bersaing secara sehat.

Ketua STKS juga membuka secara resmi dan mengucapkan selamat mengikuti Ujian Lisan Praktikum III kepada mahasiswa Diploma IV angkatan 2012, yang diselenggarakan selama dua hari pada 2-3 Mei 2016. Ujian Lisan Praktikum III ini diikuti oleh 308 mahasiswa dan 52 dosen penguji. Ada pun substansi yang akan dinilai antara lain teknis penulisan laporan, presentasi dan kemampuan menjawab pertanyaan.***(d.friyana)

BAKTI MENWA KOMPI BS STKS MENYAMBUT HARDIKNAS 2016

 

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Resimen Mahasiswa (Menwa) Kompi BS STKS Bandung ke-30 dan menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Menwa Kompi BS STKS bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cibeunying, melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa kegiatan mitigasi bencana di daerah rawan banjir dan longsor sepanjang aliran sungai anak cidurian di wilayah Rw 23,07 dan 08 Kelurahan Cibeunying. Kegiatan diikuti oleh 165 orang, terdiri dari 50 anggota menwa dan gabungan dari Pengurus LPM, RW, Karang Taruna, Kelurahan Siaga Sehat, KMSB, PKK dan Masyarakat sekitar. Kegiatan didukung penuh oleh Pemerintah Kelurahan Cibeunying, STKS Bandung dan dengan bantuan logistik Dinas Sosial Kabupaten Bandung.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Resimen Mahasiswa (Menwa) Kompi BS STKS Bandung ke-30 dan menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Menwa Kompi BS STKS bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cibeunying, melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa kegiatan mitigasi bencana di daerah rawan banjir dan longsor sepanjang aliran sungai anak cidurian di wilayah Rw 23, 07 dan 08 Kelurahan Cibeunying. Kegiatan diikuti oleh 165 orang, terdiri dari 50 anggota menwa dan gabungan dari Pengurus LPM, RW, Karang Taruna, Kelurahan Siaga Sehat, KMSB, PKK dan Masyarakat sekitar. Kegiatan didukung penuh oleh Pemerintah Kelurahan Cibeunying, STKS Bandung dan dengan bantuan logistik Dinas Sosial Kabupaten Bandung.

KELAS KAJIAN NAPZA JUARA UMUM OMAS 2016

Humas-Stks, Bandung – Meraih total 24 medali dan piala, Kelas Kajian NAPZA menjadi yang terbaik pada penyelenggaraaan Olimpiade Mahasiswa STKS 2016, yang diselenggarakan pada 16-26 April 2016. Atas prestasi yang diperoleh, Kelas Kajian NAPZA berhak mendapatkan Piala Bergilir Ketua STKS Bandung yang diserahkan pada Rabu malam (27/4) oleh Ketua STKS Bandung, Dr. Dwi Heru Sukoco, M.Si.

Hujan yang mengguyur Bandung sejak sore hari tidak mengurangi kemeriahan closing ceremony Olimpiade Mahasiswa 2016 yang digelar di Ruang DIKTI Kampus STKS. Acara yang juga dihadiri oleh para pejabat struktural dan para pembina OKM/UKM ini secara resmi ditutup oleh Ketua STKS Bandung, ditandai dengan penyalaan obor dan kembang api. Di sela-sela penyerahan medali, piala dan sertifikat bagi para pemenang, juga ditampilkan persembahan dari UKM Paduan Suara, Dapur Sastra dan Teater (DST), Garnida dan Band STKS sebagai wujud syukur atas kesuksesan pelaksanaan OMAS 2016.

Sebagaimana telah diketahui bahwa OMAS 2016 merupakan ajang untuk penyaluran bakat dan minat mahasiswa STKS yang mempertandingkan 14 cabang olahraga dan akademik, di antaranya Futsal, Basket, Voli, Badminton, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Atletik, Catur, Karya Tulis Ilmiah, Sinematografi, Fotografi, Speech, Debat dan Scrabble. Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring bakat-bakat terbaik yang akan mewakili STKS Bandung pada pelaksanaan Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) di PKN STAN pada akhir bulan Mei mendatang. Seluruh civitas STKS Bandung mengucapkan selamat dan sukses bagi para pemenang. Semoga menjadi pelecut semangat untuk terus berprestasi dan berkreasi dan mengharumkan nama almamater.***(d.friyana)

MILAD 25 TAHUN HIKMATUL IMAN

Humas-Stks, Bandung – “Bersinergi dalam Keimanan dan Ketaqwaan untuk Menjalin Persaudaraan”, dipilih sebagai tema peringatan Milad 25 tahun Ranting Hikmatul Iman (HI) STKS Bandung, yang menggambarkan eratnya tali persaudaraan antar anggota HI. Berbagai rangkaian kegiatan diusung untuk memperingati milad HI STKS yang berdiri sejak 19 April 1991 ini. Diawali dengan pelaksanaan bhakti sosial terapi pada acara Car Free Day Dago (17/4). Bhakti sosial ini tidak hanya menawarkan terapi pada para pengunjung, tetapi juga menampilkan beberapa atraksi menarik yang diperagakan langsung oleh anggota HI STKS, seperti jurus toya, jurus putra, jurus putri dan lain sebagainya.

IMG_6399

Puncak perayaan milad HI ke-25 akhirnya dihelat pada hari Minggu (25/4), yang dipusatkan di Kampus STKS Bandung. Ada dua kegiatan utama yang digagas pada puncak perayaan ini yaitu dialog terbuka dan latihan gabungan. Yang cukup mengejutkan perayaan ini dihadiri hampir 1000 anggota HI yang juga berasal dari luar daerah seperti Kuningan, Jakarta dan Surabaya. Dialog terbuka dipimpin langsung oleh Guru Utama HI, Dicky Zainal Arifin. Selain itu, pembicara yang akrab disapa Kang Dicky ini juga mengumumkan adanya perubahan nama Hikmatul Iman menjadi Lanterha yang merupakan singkatan dari Lemurian Tranzentra Lagrhaven. Lemurian berarti leluhur yang memiliki peradaban maju, Tranzentra berarti menembus dan menguasai, sedangkan Lagrhaven adalah galaksi kita yang telah teratur sesuai penataan hukum Sang Maha Pencipta.

Dengan demikian Yayasan Hikmatul Iman bertransformasi menjadi Yayasan Lanterha, akan tetapi karena penggunaan bahasa asing tidak diperbolehkan maka Lanterha diganti menjadi Lantera yang merupakan singkatan dari Lantunan Bahtera Nurani. Perubahan nama ini juga diikuti dengan perubahan lambang. Lambang Lanterha digambarkan dengan manusia berwarna kuning emas yang di dadanya terdapat bola dunia dan posisi telapak tangan menghadap ke depan menempel pada lutut yang besila, terdapat sembilan bintang disekelilingnya serta warna biru sebagai dasar lambang. Adapun filosofi dari lambang tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Manusia berwarna kuning emas melambangkan kemuliaan dan tingkat energi yang diharapkan;
  2. Bola dunia di dada melambangkan manusia sebagai khalifah fil ardi;
  3. Bintang sembilan melambangkan galaksi yang jumlahnya tak terhitung banyaknya;
  4. Warna biru dasar melambangkan kedalaman.

Pengesahan nama baru ini kemudian diikuti dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kang Dicky sebagai tanda perayaan Milad HI ke-25. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan latihan gabungan yang diikuti oleh seluruh peserta. Dalam posisi duduk bersila dan konsetrasi penuh, para peserta mulai mengolah hawa panas yang ada di dalam tubuh mereka dan kemudian menyalurkannya ke bagian yang diinginkan.

Perayaan ini terus berlanjut pada malam harinya, kali ini sifatnya internal hanya dihadiri oleh anggota dan alumni UKM HI STKS saja beserta tamu undangan dari pihak lembaga dan perwakilan OKM/UKM lainnya. Terdapat berbagai macam hiburan yang disuguhkan kepada tamu undangan yang hadir, diantaranya penampilan dari UKM Paduan Suara dan UKM Band STKS. Selain itu juga ada persembahan tari tradisional yang dibawakan oleh para srikandi HI STKS. Hal ini membuktikan bahwa anggota HI STKS tidak hanya jago bela diri saja tetapi juga berbakat di bidang lainnya. Selain itu juga ditampilkan pula video singkat cuplikan foto-foto kenangan anggota HI STKS dan video ucapan selamat dari OKM/UKM lainnya.***(d.friyana / kontributor dan dokumentasi : UKM HI STKS)

Kategori

Polling

Apabila Laboratorium Komputer mengadakan pelatihan komputer, materi pelatihan apa yang anda inginkan ?

View Results

Loading ... Loading ...

Banner