Prodi Spesialis 1 Pekerjaan Sosial

Pekerjaan sosial adalah salah satu profesi yang berkompeten mengatasi permasalahan-permasalahan psikososial secara holistik dan komprehensif. Permasalahan yang semakin kompleks akibat berbagai krisis membutuhkan Pekerja Sosial Spesialis (Spesialized/Skill Social Worker) yang memiliki spesialisasi keahlian dalam penanganan masalah-masalah sosial.

Spesialisasi keahlian tersebut mensyaratkan penggunaan pendekatan yang mengintegrasikan sistem, metoda- metoda tingkat lanjut dengan teknik-teknik yang secara empiris tervalidasi serta menggunakan kerangka kerja yang holistik dan eklektik.

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung sebagai pelopor dan pusat pengembangan pendidikan pekerjaan sosial Indonesia berupaya menjawab kebutuhan tersebut dengan menyelenggarakan ”Program Pendidikan Spesialis-1 (Sp-1) Pekerjaan Sosial”. Program ini menawarkan pendidikan spesialis khas Indonesia untuk mengatasi berbagai persoalan dalam konteks Indonesia.

Program Pendidikan Spesialis-1 (Sp-1) Pekerjaan Sosial ini meliputi enam spesialisasi (Program Studi) yaitu Pekerjaan Sosial Pelayanan Anak, Pekerjaan Sosial Pelayanan Kemiskinan, Pekerjaan Sosial Pelayanan Medis, Pekerjaan Sosial Pelayanan Bencana, Pekerjaan Sosial Bidang Narkotika dan Pekerjaan Sosial Pelayanan Penyandang Cacat.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian pembelajaran mendasar untuk masing-masing spesialisasi yaitu:

1. Pekerja Sosial Pelayanan Anak: menguasai teori pekerjaan sosial, aplikasi teori dan teknologi pelayanan psikososial kepada anak dan keluarga guna mencapai keberfungsian sosial anak dan keluarga serta mendorong partisipasi masyarakat.

2. Pekerja Sosial Pelayanan Kemiskinan: menguasai teori pekerjaan sosial dengan masalah kemiskinan serta menguasai aplikasi teori dan teknologi pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan dari kemiskinan.

3. Pekerja Sosial Pelayanan Medis: menguasai teori pekerjaan sosial, aplikasi teori dan teknologi pelayanan psikososial di bidang kesehatan dalam mencapai keberfungsian sosial orang secara penuh.

4. Pekerja Sosial Pelayanan Bencana: menguasai teori pekerjaan sosial, aplikasi teori dan teknologi pelayanan psikososial dalam mengurangi dampak bencana serta pengungsian.

5. Pekerja Sosial Bidang Narkotika: menguasai teori pekerjaan sosial, aplikasi teori dan teknologi pelayanan psikososial kepada korban penyalahgunaan narkotika dan keluarga dalam mencapai keberfungsian sosial korban dan keluarga.

6. Pekerja Sosial Pelayanan Penyandang Cacat: menguasai teori pekerjaan sosial, aplikasi teori dan teknologi pelayanan psikososial kepada orang dengan disabilitas, dan keluarga dan komunitas dalam mencapai keberfungsian sosialnya.

KOMPETENSI LULUSAN

a. Mampu melakukan analisis sesuai masalah serta kekuatan sosial masyarakat, analisis kebijakan dan perencanaan sosial aksi-aksi pelayanan pekerjaan sosial komunitas, serta pelaksanaan intervensi komunitas pada tingkat lanjut.

b. Mampu melakukan analisis atas situasi masalah serta kekuatan sosial penyandang masalah, Asesmen Psikososial, Terapi Psikososial, Psikopatologi dan Pekerjaan Sosial.