KEPADA ANDA YANG LULUS SELEKSI AKHIR PMB STKS BANDUNG

KAMI UCAPKAN SELAMAT BERGABUNG DI KAMPUS STKS BANDUNG

***


Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial
STKS Ikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Antar Universtas
Kamis, 24 Mei 2012 11:16

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini merupakan poin penting yang sering diperhatikan dalam diri seseorang baik dalam bidang pekerjaan maupun dalam bidang akademis. Mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan lancar mempunyai peluang besar dalam meraih kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan ataupun juga beasiswa belajar selain itu akan terbantu dalam mengikuti perkembangan Ilmu dan tekhnologi. Untuk mengukur kemampuan Mahasiswa STKS dalam berbahasa Inggris pada tanggal 26 sampai dengan  tanggal 29 Mei 2012 mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba debat antar Universitas se-Indonesia yang diselenggarakan oleh UI Depok.

Para peserta lomba ini berasal dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia, sebagian besar universitas negeri diantaranya UI sendiri, ITB, IPB, UGM, UNILA, UMM, UNAIR, UNDIP, UPI, UNPAD, UNHAS, UNSRI, dan ada juga dari Perguruan Tinggi Kedinasan seperti STAN, dan AKPOL sedangkan dari Universitas swasta rata–rata berakreditasi unggul. Peserta lomba dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Kelompok dibagi dua ada kelompok yang menyajikan secara affirmative (kelompok yang mempresentasikan topik dari sisi positifnya, artinya setuju dengan pendapat yang dikemukakan dalam topik tersebut), dan kelompok satunya berperan sebagai penyanggah. Sebelum berdebat para peserta diberikan topik yang sudah ditentuklan panitia. Topik ini baru diberikan 15 menit sebelum acara debat dimulai, masing-masing orang dalam kelompok harus memberikan presentasinya, dan setelah kedua kelompok selesai presentasi, masing-masing juru bicara menanggapai presentasi kelompok lawan. Dalam setiap presentasi diberikan kebebasan apakah bersedia menjawab pertanyaan kelompok lawan atau tidak.

Dari perdebatan ini  untuk bisa berhasil dalam lomba debat bahasa Inggris, tak sekedar harus pandai berbahasa Inggris, tetapi harus bisa menuliskan pendapatnya dalam konsep yang jelas, berwawasan luas (karena topiknya luas), bisa mempresentasikan dengan meyakinkan, tidak emosional serta dapat menjawab sanggahan kelompok lawan dengan baik.

Pada kegiatan lomba ini, penilaian berdasarkan margin yang diperoleh masing-masing peserta yang ditentukan oleh para juri, setiap peserta yang memungkinkan nilai marginnya mereka berhak untuk bertanding dengan peserta berikutnya. Mahasiswa STKS memperoleh kesempatan bertanding sampai dengan lima putaran dengan Universitas yang berbeda, walaupun tidak berhasil lolos ke babak semi final, bagi mahasiswa STKS kegiatan ini merupakan pengalaman berharga. Banyak manfaat dan informasi yang diperoleh berkaitan dengan pentingnya lomba debat berbahasa Inggris yang diikuti. Pada kegiatan ini mahasiswa dihadapkan pada motion yang up to date (persoalan-persoalan nyata yang dihadapi masyarakat Indonesia dan bangsa lain pada saat ini) dari motion yang diberikan mahaiswa harus mampu bernegosiasi dan berargumentasi di depan para juri bahwa posisi mereka benar dan tepat sehingga mahasiswa harus memiliki kemampuan mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, mengusasi pengetahuan global, menganalisis, serta membuat judgement.

Oleh karena itu, debat bahasa Inggris merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional. Maka keikutsertaan sebagai kontestan debat bahasa Inggris antar mahasiswa se-Indonesia yang diadakan di UI Depok Jawa Barat merupakan kegiatan yang bermanfaat dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi namun demikian kedepannya perlu persiapan yang lebih matang dengan dukungan semua pihak. ***

 
KONFLIK KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF AGAMA DAN PEKERJAAN SOSIAL
Selasa, 03 April 2012 17:23
Untuk memberikan wawasan tentang masalah sosial kepada civitas STKS, Instalasi Pendidikan Agama (IPA) STKS Bandung menyelenggarakan Kegiatan Kajian Masalah Sosial Perspektif Agama di Ruang Aula lantai 3 Kampus STKS Bandung pada hari Rabu 7 Maret 2012 dengan narasumber Dr. Fadhlullah. Said, MA. Dan Dr. Herry Koswara, M.Si.
Kegiatan ini di buka oleh Pembantu Ketua II Drs. Nono Sutisna. MH. mewakili Ketua STKS Bandung. Materi kajian yang disampaikan adalah “Konflik Keluarga Menurut Perspektif Agama dan Pekerjaan Sosial” dimana para sosiolog membedakan dalam dua jenis konflik yang memiliki sebab berbeda dalam pemunculannya. Pertama konflik yang bersifat destruktif yang disebabkan oleh kebencian dan kecemburuan sosial. Kedua konflik yang bersifat fungsional yang menghasilkan perubahan atau consensus baru yang bermuara pada perbaikan seperti berbeda pendapat dalam keluarga. Konflik menurut perspektif pekerjaan sosial dengan keluarga (family social work) menggunakan pendekatan generalis untuk bekerja pada keluarga yang beresiko.
Melalui kegiatan ini diharapkan wawasan civitas STKS Bandung tentang kajian masalah sosial serta pemahamannya semakin bertambah dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. ***
 
Islamic Fair Keluarga Mahasiswa Muslim (IFKMM)
Selasa, 03 April 2012 17:07
Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu Keluarga Mahasiswa Muslim (KMM), bekerjasama dengan Dewan Kehormatan Mesjid (DKM) Al-Ihsan dan Instalasi Pendidikan Agama (IPA) STKS Bandung menyelenggarakan kegiatan Islamic Fair. Kegiatan ini merupakan suatu program yang memfasilitasi mahasiswa muslim STKS untuk lebih memahami ajaran Islam serta  untuk kemudian meningkatkan pengamalannya. KMM, DKM Al-Ihsan dan IPA STKS Bandung merupakan institusi keislaman yang berperan dalam pengembangan dan peningkatan aktivitas keislaman, baik di lingkungan STKS khususnya maupun masyarakat pada umumnya. 
Dengan mengangkat tema “Semesta Cinta untuk Kita, KMM Berkilau Mengukir Kebersamaan” kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 - 25 Februari 2012 dengan menggelar kegiatan bedah buku, diskusi panel “Kesejahteraan Dipandang dari Berbagai Perspektif”, Talk Show Muslimah, Workshop Menulis dan bhakti sosial penyerahan bantuan kepada pihak sekolah serta pemberian materi penanggulangan bencana yang diaplikasikan dengan pelaksanaan simulasi bencana gempa for children's. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula lantai I dan lantai III Kampus STKS Bandung serta dilaksanakan di SDN 1 Suka akur, Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Bandung.
Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat untuk menjadi modal dasar yang bermanfaat dalam meningkatkan pengamalannya. Semoga UKM lain bisa mencontoh dengan menciptakan kegiatan lain yang lebih baik dan bermanfaat di masa mendatang. ***
 
PENANDATANGANAN KERJASAMA STKS BANDUNG DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN KOLAKA UTARA
Selasa, 03 April 2012 17:17
STKS Bandung tandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Kesejahteraan Sosial.
Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud dan Ketua STKS Bandung yang diwakili Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Idit Supriadi Priatna, M.Si pada hari senin tanggal 30 Januari 2012.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh civitas STKS Bandung. STKS melihat peluang kerjasama ini sebagai sebuah kesempatan besar untuk menciptakan jaringan mitra kerja khususnya di bidang pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan Ikatan Dinas yang nantinya akan dipersiapkan untuk menjadi aparatur pemerintah yang handal dan terampil di bidangnya.
Turut hadir dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini pejabat/pegawai dari berbagai SKPD dan SMA yang berada dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara, Kepala Dinas Sosial dan Sekretaris BKD Kabupaten Kolaka Utara. Semoga dengan ditandatangani-nya naskah kerjasama ini akan semakin meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. ***
 
Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV Unit Pelaksana Teknis Di Lingkungan Kementerian Sosial RI
Selasa, 03 April 2012 17:00
Pada Rabu, 1 Februari 2012, Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial RI, Bapak Dr. Ir. Raden Harry Hikmat, M.Si. telah melantik 5 pejabat struktural Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Sosial RI, yang terdiri dari  satu orang pejabat struktural eselon II, tiga orang pejabat struktural eselon III, I orang pejabat struktural eselon IV. Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor: ORPEG. 14B – I – 02 / 2012, Nomor: ORPEG.14B - I - 04 / 2012, Nomor: ORPEG.14B - I -  07 / 2012. Selain itu pelantikan kali ini kiranya tidak lepas dari program pemerintah yang sedang menjalankan program reformasi birokrasi yang harus dilakukan oleh semua Kementerian/ Lembaga maupun Pemerintah Daerah, dimana hakekat reformasi birokrasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, adalah untuk menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah.
Pelantikan yang dihadiri oleh para tamu undangan dan segenap pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Kementerian Sosial RI, berlangsung secara hikmat, Bapak Kabadiklit menyampaikan amanah bahwa organisasi yang dinamis adalah terdiri dari susunan beberapa struktural dan jabatan non struktural. Dalam menjalankan peranannya, jabatan struktural memiliki peran yang berbeda dengan jabatan non struktural. Dengan pelantikan ini kita berharap ada warna baru yang lebih baik dalam peningkatan kinerja kedepannya. ***
 
« MulaiSebelumnya11121314151617181920BerikutnyaAkhir »

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL