Untuk Melihat Agenda Kegiatan 50 tahun STKS EMAS
silahkan KLIK DISINI
atau untuk informasi menghubungi Humas STKS Bandung di 022-2504838


Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial
KABADIKLAT LITBANG KESOS MELAKUKAN TEMU WICARA DENGAN CIVITAS STKS
Kamis, 24 Mei 2012 15:14

Pada hari kamis, tanggal 24 Mei 2012 bertempat di Ruang Pertemuan Ketua, Dr. Ir. Harry Hikmat, M.Si (Kepala Badan Pendidikan Pelatihan Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial) dan Mu’man Nuryana, MSc., Ph.D (Sekretaris Badan Pendidikan Pelatihan Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial) melaksanakan temu wicara dengan seluruh Fungsional Dosen, Pejabat Struktural dilingkungan STKS Bandung serta Pemberian Apresiasi Mahasiswa Berprestasi Program Diploma-IV dan Pascasarjana Spesialis-1 STKS Bandung.

 

Pada Kegiatan pertemuan ini acara dibuka oleh Ketua STKS Bandung, Dr. Kanya Eka Santi, MSW. Pada pertemuan ini KABADIKLAT LITBANG KESOS menyampaikan harapan tentang peningkatan STKS untuk dapat menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan profesi dan pendidikan vokasi. Dalam program pendidikan vokasi, Selain Program Diploma juga dimungkinkan menyelenggarakan Program Magister terapan dan Doktor terapan. Hal tersebut sejalan dengan RUU Pendidikan Tinggi, dimana terdapat 17 Kementerian/Lembaga yang juga menyelenggarakan Perguruan Tinggi (Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Ham, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Sosial, dll). Dan sangat dibutuhkan untuk pembangunan Kesejahteraan Sosial.

 

KABADIKLAT LITBANG KESOS juga memaparkan mengenai Sertifikasi Pekerjaan Sosial, dimana seseorang bisa memiliki sertifikat apabila telah lulus uji kompetensi. Dibahas pula mengenai alternatif sertifikasi yaitu: sertifikasi yang diperoleh melalui uji kompetensi, sertifikasi yang diperoleh melalui pemberian sertifikat langsung, sertifikat yang diperoleh melalui pelatihan sertifikasi, sertifikat yang diperoleh melalui pendidikan profesi dan sertifikat yang diperoleh melalui penilaian langsung.

 

Mengenai SDM, KABADIKLAT LITBANG KESOS menyampaikan pula bahwa Kementerian Sosial perlu merancang kembali jabatan fungsional Pekerjaan Sosial sejalan dengan lahirnya RUU Aparatur Sipil Negara. Dalam RUU tersebut tidak ada lagi pejabat struktural eselon III dan IV dan tidak ada lagi jabatan staf, semua harus duduk pada jabatan fungsional.

 

Pada sesi pertemuan dengan pejabat struktural STKS, Ketua STKS Bandung menyampaikan Progress Report kegiatan tahun 2012 dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) tahun 2013. KABADIKLAT LITBANG KESOS memberikan respon dengan menegaskan perlunya STKS mengembangkan program-program strategis untuk mendukung keunggulan STKS sebagai institusi Pendidikan Tinggi Pekerjaan Sosial. Selain itu program-program STKS perlu bersinergi (Link and Match) baik dengan satuan kerja-satuan kerja dilingkungan BADIKLAT LITBANG KESOS maupun unit kerja-unit kerja eselon I di Kementerian Sosial serta diupayakan dapat memberikan kontribusi pada level Nasional.

 

Diantara program yang diharapkan dilaksanakan tahun 2013 adalah penelitian unggulan yang bersinergi dengan program Nasional, Kerjasama Internasional (Mc Gill Canada, IASW), dan penyusunan buku pekerjaan sosial Indonesia. Sedangkan untuk pengembangan internal STKS beberapa program strategis diantaranya redesain untuk tata bangunan di STKS dengan memperhatikan eco green, nuansa kependidikan sehingga membuat rasa aman dan nyaman, mengoptimalkan tim Reformasi Birokrasi untuk menunjang kinerja pegawai di STKS Bandung serta pengembangan kurikulum dan laboratorium program Diploma-IV dan Pascasarjana Spesialis-1.

 

Pada acara pertemuan ini dilaksanakan pemberian sertifikat kepada 19 orang mahasiswa berprestasi dari setiap angkatan yang terdiri dari Program Diploma-IV dan Pascasarjana Spesialis-1. Dengan kriteria penilaian Indeks Prestasi (IP), penilaian Dosen Wali, penilaian Kepala BAAK dan penilaian dari teman satu angkatan.

 

Diharapkan pada akhir pertemuan baik KABADIKLAT LITBANG KESOS maupun Sekretaris BADIKLAT LITBANG KESOS menyampaikan agar temu wicara dan dialog interaktif dengan civitas STKS dapat dilakukan secara rutin untuk membangun komunikasi dilingkungan BADIKLAT LITBANG KESOS. ***

 
DIALOG INTERAKTIF STKS DI RRI NASIONAL
Kamis, 24 Mei 2012 10:50

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan selalu melakukan berbagai usaha dalam mensosialisasikan eksistensi STKS. Hal ini dimaksudkan agar STKS lebih dikenal di masyarakat sehingga masyarakat dapat menjadi bagian dalam proses pendidikan.

Salah satu upaya sosialisasi yang dilakukan STKS adalah dengan melaksanakan Dialog Interaktif yang dilaksanakan di PRO 3 RRI Nasional pada 1 Mei 2012. Dengan narasumber Pembantu Ketua III Dra. Meiti Subhardini, M.Si dan Ketua Pascasarjana  Spesialis-1 Pekerjaan Sosial Dr. Aep Rusmana, M.Si.

Dalam dialog ini dipaparkan mengenai Pentingnya Peran Pekerja Sosial yang Handal dalam Menyelesaikan Masalah Sosial. Seiring dengan realitas yang semakin kompleksnya permasalahan sosial yang terjadi diberbagai daerah, mengharuskan penanganan oleh pihak-pihak atau orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kompeten.

Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) yang berada dibawah naungan Kementerian Sosial mempunyai kewajiban untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia, terutama dalam bidang pembangunan kesejahteraan sosial.

Selain Pegawai Pemerintah, potensi sasaran calon mahasiswa juga adalah Pegawai Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam penanganan masalah sosial, Pegawai Panti Sosial Swasta, yayasan/organisasi sosial, rumah sakit, industri dan orang atau pihak yang ingin mengembangkan wawasan, pengetahuan serta keterampilan pekerjaan sosial, baik pekerja sosial pada setting mikro maupun makro.

potensi sasaran calon mahasiswa juga adalah Pegawai Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam penanganan masalah sosial, Pegawai Panti Sosial Swasta, yayasan/organisasi sosial, rumah sakit, industri dan orang atau pihak yang ingin mengembangkan wawasan, pengetahuan serta keterampilan pekerjaan sosial, baik pekerja sosial pada setting mikro maupun makro.

Dalam mempekerjakan pekerja sosial yang profesional, dilaksanakan sesuai dengan kebijakan payung hukum yang ditetapkan. Untuk itu sebagai Perguruan Tinggi tertua di Indonesia yang menyelenggarakan program pendidikan kesejahteraan sosial, LPM STKS hadir sebagai jembatan yang mencoba membumikan berbagai konsep dan teori Pekerjaan Sosial kedalam lingkungan nyata.

Sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Sosial RI, STKS memiliki peran utama menyiapkan SDM Kesejahteraan Sosial sesuai Undang-Undang Kesejahteraan Sosial Nomor 11 Tahun 2009.

Dalam dialog interaktif ini pendengar RRI dari berbagai daerah diseluruh nusantara antusias menyampaikan pertanyaan melalui sambungan telepon online sebagai salah satu wujud apresiasi dari masyarakat. Semoga kegiatan yang dilakukan STKS mampu memberikan gambaran jelas kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana STKS Bandung. ***

 
STKS IKUTI PTK EXPO 2012
Kamis, 24 Mei 2012 10:40

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Expo merupakan ajang untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai program pendidikan dan kegiatan kampus yang bertujuan menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang PTK dan keberadaannya dalam dunia pendidikan di Indonesia.

PTK Expo tahun ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 April 2012 di Mega Bekasi Hypersquare, yang menjadi tuan rumah dari PTK Expo tahun ini adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Kegiatan PTK Expo ini merupakan ajang yang ke-5 selama dalam pelaksanaanya, setelah sebelumnya dilaksanakan di kampus STSN, STKS, STPN dan STAN yang telah menjadi tuan rumah.

PTK Expo 2012 di ikuti oleh 17 PTK seindonesia, diantaranya: Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), Sekolah Tinggi Multi Media (STMM ”MMTC”), Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (AMKG), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT), Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP), Sekolah Tinggi Energi Mineral (STEM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan ASDP.

Untuk menarik minat pengunjung yang sebagian besar adalah siswa-siswa SMA/SMK, STKS mencoba menyampaikan program pendidikan melalui presentasi, demo hypnotheraphy, indeks pengukuran tingkat stress dan pembagian leaflet untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang ada di STKS. Selain pameran pendidikan kedinasan, PTK Expo juga diisi dengan acara Talkshow yang disampaikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pagelaran seni dari perwakilan stand. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas jaringan komunikasi dan kerjasama antar PTK. ***

 
CERAMAH UMUM PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENANGANAN THALASSEMIA
Kamis, 24 Mei 2012 10:46

Untuk memberikan wawasan tentang Pekerjaan Sosial dalam Penanganan Thalassemia kepada mahasiswa, Sub Bagian Pengajaran menyelenggarakan Ceramah Umum (Cerum) di Ruang Aula lantai 3 Kampus STKS Bandung pada 30 April 2012, dengan narasumber Iman Tedja Rahmana (Ketua harian yayasan Thalassemia Bandung). Materi Cerum yang disampaikan adalah “Keluarga dengan Thalassemia” salah satu dari Matakuliah Pekerjaan Sosial Individu dan Keluarga, Kecacatan dan Analisis Masalah Sosial.


Dalam penyampaiannya, mengajak untuk memutus mata rantai penurunan penyakit Thalassemia di Kota Bandung Khususnya. Karna Thalassemia merupakan kelainan sel darah merah yang diturunkan. Oleh karena penyakit ini merupakan kelainan darah maka untuk dapat mengerti mengenai Thalassemia kita perlu mengetahui tentang darah normal dan kekurangan darah (anemia). Thalassemia dikategorikan menjadi dua yaitu mayor dan minor. Thalassemia mayor adalah jenis Thalassemia yang menunjukkan gejala anemia, pembesaran hati dan limpa. Thalassemia minor tidak menunjukkan gejala yang berarti, selain anemia yang sangat ringan. Orang tersebut hanya merupakan pembawa sifat Thalassemia, sehingga tidak perlu diobati. Thalassemia minor disebut pula pembawa sifat (trait).

Melalui Cerum diharapkan wawasan mahasiswa tentang Pekerjaan Sosial dalam Penanganan Thalassemia semakin bertambah dan dapat di aplikasikan nantinya di lapangan.***

 
STKS Ikuti Lomba Debat Bahasa Inggris Antar Universtas
Kamis, 24 Mei 2012 11:16

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini merupakan poin penting yang sering diperhatikan dalam diri seseorang baik dalam bidang pekerjaan maupun dalam bidang akademis. Mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan lancar mempunyai peluang besar dalam meraih kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan ataupun juga beasiswa belajar selain itu akan terbantu dalam mengikuti perkembangan Ilmu dan tekhnologi. Untuk mengukur kemampuan Mahasiswa STKS dalam berbahasa Inggris pada tanggal 26 sampai dengan  tanggal 29 Mei 2012 mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba debat antar Universitas se-Indonesia yang diselenggarakan oleh UI Depok.

Para peserta lomba ini berasal dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia, sebagian besar universitas negeri diantaranya UI sendiri, ITB, IPB, UGM, UNILA, UMM, UNAIR, UNDIP, UPI, UNPAD, UNHAS, UNSRI, dan ada juga dari Perguruan Tinggi Kedinasan seperti STAN, dan AKPOL sedangkan dari Universitas swasta rata–rata berakreditasi unggul. Peserta lomba dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Kelompok dibagi dua ada kelompok yang menyajikan secara affirmative (kelompok yang mempresentasikan topik dari sisi positifnya, artinya setuju dengan pendapat yang dikemukakan dalam topik tersebut), dan kelompok satunya berperan sebagai penyanggah. Sebelum berdebat para peserta diberikan topik yang sudah ditentuklan panitia. Topik ini baru diberikan 15 menit sebelum acara debat dimulai, masing-masing orang dalam kelompok harus memberikan presentasinya, dan setelah kedua kelompok selesai presentasi, masing-masing juru bicara menanggapai presentasi kelompok lawan. Dalam setiap presentasi diberikan kebebasan apakah bersedia menjawab pertanyaan kelompok lawan atau tidak.

Dari perdebatan ini  untuk bisa berhasil dalam lomba debat bahasa Inggris, tak sekedar harus pandai berbahasa Inggris, tetapi harus bisa menuliskan pendapatnya dalam konsep yang jelas, berwawasan luas (karena topiknya luas), bisa mempresentasikan dengan meyakinkan, tidak emosional serta dapat menjawab sanggahan kelompok lawan dengan baik.

Pada kegiatan lomba ini, penilaian berdasarkan margin yang diperoleh masing-masing peserta yang ditentukan oleh para juri, setiap peserta yang memungkinkan nilai marginnya mereka berhak untuk bertanding dengan peserta berikutnya. Mahasiswa STKS memperoleh kesempatan bertanding sampai dengan lima putaran dengan Universitas yang berbeda, walaupun tidak berhasil lolos ke babak semi final, bagi mahasiswa STKS kegiatan ini merupakan pengalaman berharga. Banyak manfaat dan informasi yang diperoleh berkaitan dengan pentingnya lomba debat berbahasa Inggris yang diikuti. Pada kegiatan ini mahasiswa dihadapkan pada motion yang up to date (persoalan-persoalan nyata yang dihadapi masyarakat Indonesia dan bangsa lain pada saat ini) dari motion yang diberikan mahaiswa harus mampu bernegosiasi dan berargumentasi di depan para juri bahwa posisi mereka benar dan tepat sehingga mahasiswa harus memiliki kemampuan mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, mengusasi pengetahuan global, menganalisis, serta membuat judgement.

Oleh karena itu, debat bahasa Inggris merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional. Maka keikutsertaan sebagai kontestan debat bahasa Inggris antar mahasiswa se-Indonesia yang diadakan di UI Depok Jawa Barat merupakan kegiatan yang bermanfaat dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi namun demikian kedepannya perlu persiapan yang lebih matang dengan dukungan semua pihak. ***

 
« MulaiSebelumnya11121314151617181920BerikutnyaAkhir »

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL