KEPADA ANDA YANG LULUS SELEKSI AKHIR PMB STKS BANDUNG

KAMI UCAPKAN SELAMAT BERGABUNG DI KAMPUS STKS BANDUNG

***


Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial
Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV Unit Pelaksana Teknis Di Lingkungan Kementerian Sosial RI
Selasa, 03 April 2012 17:00
Pada Rabu, 1 Februari 2012, Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial RI, Bapak Dr. Ir. Raden Harry Hikmat, M.Si. telah melantik 5 pejabat struktural Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Sosial RI, yang terdiri dari  satu orang pejabat struktural eselon II, tiga orang pejabat struktural eselon III, I orang pejabat struktural eselon IV. Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor: ORPEG. 14B – I – 02 / 2012, Nomor: ORPEG.14B - I - 04 / 2012, Nomor: ORPEG.14B - I -  07 / 2012. Selain itu pelantikan kali ini kiranya tidak lepas dari program pemerintah yang sedang menjalankan program reformasi birokrasi yang harus dilakukan oleh semua Kementerian/ Lembaga maupun Pemerintah Daerah, dimana hakekat reformasi birokrasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, adalah untuk menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah.
Pelantikan yang dihadiri oleh para tamu undangan dan segenap pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Kementerian Sosial RI, berlangsung secara hikmat, Bapak Kabadiklit menyampaikan amanah bahwa organisasi yang dinamis adalah terdiri dari susunan beberapa struktural dan jabatan non struktural. Dalam menjalankan peranannya, jabatan struktural memiliki peran yang berbeda dengan jabatan non struktural. Dengan pelantikan ini kita berharap ada warna baru yang lebih baik dalam peningkatan kinerja kedepannya. ***
 
PENINGKATAN KEMAMPUAN TOEFL MAHASISWA Sp-1
Selasa, 03 April 2012 14:58
Pada era globalisasi saat ini penguasaan bahasa asing terutama bahasa inggris sudah menjadi suatu keharusan, agar mampu bersaing dan tidak tertinggal di berbagai bidang yang ada. Untuk memberikan pengalaman, mengasah kemampuan dan keterampilan dalam berbahasa Inggris kepada mahasiswa STKS Bandung, Instalasi Pusat Bahasa Mengadakan Kegiatan Peningkatan Kemampuan TOEFL bagi mahasiswa Pascasarjana Spesialis-1 Pekerjaan Sosial TA 2010/2011. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 16-31 Januari 2012 yang lalu bertempat di Laboratorium Bahasa Kampus STKS Bandung dengan materi yang diajarkan meliputi Listening, Structure dan Reading.
Kegiatan ini merupakan bentuk peningkatan kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris, diikuti oleh 33 orang mahasiswa Sp-1 angkatan V yang pada umumnya sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris cukup bagus.
Pada pelaksanaan kegiatan ini Pusat Instalasi Bahasa mengundang narasumber dan penguji dari luar, diantaranya: Kasno Pamungkas, S.S, M.Hum (Kepala Labolatorium Bahasa/Dosen Sastra Inggris UNPAD), Rosaria Mita Amalia, M.Hum (Dosen Sastra Inggris UNPAD), Rian Rinaldi, S.S (Kepala Laboratorium Bahasa STTT/Dosen Bahasa Inggris UNIKOM).
Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta penguasaan agar fasih berbahasa Inggris. ***
 
PELANTIKAN KETUA DPM STKS BANDUNG PERIODE 2011/2012
Jumat, 18 Maret 2011 05:06

M. Ilham Agushary akhirnya terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang baru melalui suatu pemilihan pada pelaksanaan Musyawarah Mahasiswa (MUMAS) STKS Bandung. Pada proses pemilihan ini, sebanyak 91 orang peserta MUMAS yang mempunyai hak suara menentukan pilihannya terhadap dua calon Ketua DPM yaitu M. Ilham Agushary dan Arief Fujianto. Dari hasil voting suara yang terkumpul, M. Ilham Agushari mendapatkan 53 suara sementara Arief Fujianto mendapatkan 38 suara.

pelantikandpm

Musyawarah Mahasiswa yang telah diselenggarakan oleh DPM selama 2 hari pada tanggal 26-27 Februari 2011 yang lalu di Aula Lantai III, dihadiri oleh 156 peserta dari perwakilan kelas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), 10 peserta perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan 10 peserta perwakilan DPM. Adapun agenda acara yang dilaksanakan yaitu Laporan pertanggung jawaban Presiden Mahasiswa, Andi Akhiruddin; Laporan pertanggung jawaban Ketua DPM, Ichwan Muis; Sidang Paripurna Pembahasan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ART) BEM dan DPM serta Pemilihan Ketua DPM yang baru.

Setelah mengalami penundaan, pelantikan Ketua DPM periode 2011/2012 akhirnya dilaksanakan pada Selasa sore, 15 Maret 2011, oleh Ketua STKS, Drs. Wawan Heryana, M.Pd. Turut hadir dalam acara pelantikan ini di antaranya Kepala BAAK, Drs. Idit Supriadi Priatna, M.Si, Pelaksana Tugas Sub Bagian Praktikum dan Kemahasiswaan, Presiden Mahasiswa, Andi Akhiruddin dan perwakilan dari UKM-UKM. Penandatanganan serah terima jabatan dari Ketua DPM periode 2009/2010, Ichwan Muis dan Ketua DPM terpilih, M. Ilham Agushary disaksikan langsung oleh Ketua STKS dan Kepala BAAK.

Dalam arahannya, Ketua STKS menyampaikan selamat atas terpilihnya Ketua DPM yang baru dan ucapan terimakasih kepada pengurus DPM periode 2009/2010 atas kinerja dan kerjasamanya selama ini. Ketua STKS juga menyampaikan harapannya agar DPM sebagai perwakilan mahasiswa STKS bisa menjembatani aspirasi mahasiswa dengan lembaga, mengembangan budaya demokrasi dan tidak menjadikan perbedaan pendapat sebagai suatu masalah. Lebih lanjut, pengurus DPM yang baru dituntut untuk terus belajar dan menjaga komitmen untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Berikut nama-nama pengurus DPM periode 2011/2012 hasil Musyawarah Mahasiswa (MUMAS) berdasarkan Surat Ketetapan No.007/MUMAS/II/2011:

  1. Ketua                :  M. Ilham Agushary
  2. Sekretaris         :  Yanti Pratiwy
  3. Wakil Ketua I     :  Iqra Nugraha Salam
  4. Wakil Ketua II    :  Restueli Harefa

 Seluruh civitas STKS Bandung mengucapkan selamat atas terpilihnya Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) periode 2011/2012.

 
KETUA BARU STKS Bandung
Rabu, 26 Oktober 2011 06:33
 
SOCIAL WORK UPDATE 2011: KURIKULUM DAN KOMPETENSI PEKERJAAN SOSIAL
Senin, 17 Januari 2011 07:41

Profesi pekerjaan sosial harus didorong agar mampu menerapkan standar yang bersifat nasional bahkan internasional. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang handal yang memiliki knowledge, skill and attitude sehingga mutu pelayanan dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan dan latihan serta standarisasi dan sertifikasi dalam membentuk arah dan eksistensi  profesi pekerjaan sosial. Demikian arahan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Drs. Toto Utomo Budi Santoso, M.Si saat membuka penyelenggaraan Social Work Update di Gedung Aula Kampus STKS Bandung pada Rabu pagi,12 Januari 2011.

Pada Social Work Update yang dilaksanakan selama 2 hari pada 12-13 Januari 2011 ini, diselenggarakan Seminar Internasional atas kerjasama STKS Bandung dengan Universiti Sains Malaysia (USM), diikuti oleh 126 peserta yang berasal dari kalangan dunia pendidikan, aparat pemerintah, NGO dan mereka yang peduli terhadap perkembangan pekerjaan sosial – 24 orang peserta di antaranya berasal dari 4 universitas yang ada di Malaysia, yaitu Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Universiti Malaysia (UM).

Tema seminar tahun ini difokuskan pada “Pendidikan Pekerjaan Sosial Di Indonesia – Malaysia”, yang lebih lanjut akan membahas mengenai berbagai sub tema di antaranya Kurikulum dan Kompetensi Pekerjaan Sosial Dalam Berbagai Setting/Lapangan, Isu-isu Supervisi-Praktikum Lapangan dan di Universitas serta Kualifikasi dan Sertifikasi Bagi Para Pendidik Pekerjaan Sosial. Seminar ini diharapkan dapat menjadi media bagi para pendidik pekerjaan sosial di kedua negara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menelaah ide-ide baru pada kompetensi pekerjaan sosial, membahas isu-isu baru yang berkaitan dengan pendidikan, praktek dan pelatihan pekerjaan sosial serta menggali kemungkinan untuk melakukan penelitian bersama.

Pelaksanaan seminar dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama mendengarkan paparan makalah utama dari 2 narasumber yaitu Prof. Madya. Dr. Ismail Baba (Dekan Pusat Pengajian Sains Kemasyarakatan USM) dan Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc (Dekan FISIP Universitas Indonesia). Sedangkan sesi kedua untuk mendengarkan presentasi makalah dari para peserta yang dibagi ke dalam 12 kelompok. Terdapat 29 makalah yang diterima oleh panitia, 16 makalah dari peserta dalam negeri dan 13 makalah lainnya dari peserta asal Malaysia. Adapun tema-tema yang diangkat oleh para pemakalah diantaranya mengenai kurikulum dan kompetensi pekerjaan sosial, model praktikum pekerjaan sosial, sertifikasi pendidik pekerjaan sosial, studi tentang LANSIA, pemberdayaan organisasi lokal, perempuan dan kemiskinan, anak jalanan, NAPZA, penanggulangan bencana dan komunitas adat terpencil.

Rangkaian kegiatan Social Work Update akhirnya ditutup dengan pembacaan kesimpulan seluruh kegiatan oleh Pembantu Ketua I STKS Bandung, Edi Suharto, P.hD dan penyerahan cindera mata oleh Ketua STKS, Drs. Wawan Heryana, M.Pd dan Prof. Madya. Dr. Ismail Baba kepada perwakilan universitas Malaysia dan salah seorang mahasiswa STKS  yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pemaparan makalah-makalah terpilih yang telah dipresentasikan nantinya juga akan dipublikasikan dalam sebuah buku seperti halnya pada pelaksanaan SocialWork Update pertama yang telah menghasilkan sebuah buku yang berjudul “Pendidikan dan Praktek Pekerjaan Sosial di Indonesia : Melacak Masa Lalu, Merajut Masa Depan”. Sampai bertemu di Social Work Update III tahun 2012 mendatang. *** (Foto: HUMAS STKS)

[Untuk Mengunduh Foto-foto Kegiatan silahkan klik DISINI]

 
« MulaiSebelumnya11121314151617181920BerikutnyaAkhir »

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL