MASALAH, TANTANGAN DAN PELUANG PEKERJAAN SOSIAL PDF Cetak
Ditulis oleh r.faturachman / humas-stks   
Jumat, 28 November 2014 10:53

Bandung - Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung mengadakan kuliah umum yang mengangkat tema “ Masalah, Tantangan dan Peluang Pekerjaan Sosial” di Ruang Pertemuan Ketua STKS Bandung, Selasa (25/11/14).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan wawasan, serta pengembangan kapasitas mahasiswa dan para dosen STKS Bandung tentang masalah, tantangan dan peluang dalam pekerjaan sosial yang lebih fokus pada kajian kemiskinan dan kebijakan sosial.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Ketua STKS Bandung, DR. Kanya Eka Santi, MSW, Pembantu Ketua I dan II STKS Bandung, para fungsional dosen serta mahasiswa Program Pendidikan Diploma-IV dan Spesialis-1 Pekerjaan Sosial.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Jim Ife (curtin University perth Australia) dan Edi Suharto, Ph.D (Direktur Kesejahteraan Sosial Anak Kementerian Sosial RI). Prof. Jim Ife mengatakan terdapat krisis pada empat aspek yaitu: ekonomi, lingkungan, sumber dan politik. Dari keempat aspek tersebut muncul isu yang menjadi tantangan dalam membangun sebuah komunitas. Lebih jauh dia mengatakan terdapat strategi penting untuk membangun sumber lokal, dimana pentingnya sebuah dialog dalam multikultur,  perlu mengakui bahwa kita belum tentu memiliki sebuah kebenaran, kemiskinan yang tidak terlepas dari efek kapitalisme serta layanan sosial yang kurang bersifat pada kemiskinan.

Kegiatan berlangsung secara interaktif dan diisi dengan sesi tanya jawab. Peserta kuliah umum sangat antusias dalam bertanya kepada kedua narasumber. Di akhir kegiatan, acara diisi dengan foto bersama.***(rf/humas-stks)

 
STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG KUNJUNGI STKS BANDUNG PDF Cetak
Ditulis oleh f.rizki/D. Friyana | Layout: Micho Siagian   
Selasa, 16 September 2014 05:41

Senin, 8 September 2014, STKS Bandung menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang. Rombongan ini terdiri atas Ketua STISIPOL Candradimuka, Dr. Hj. Lishapsari Prihatini, M.Si , Ketua Yayasan Seni dan Ilmu Pengetahuan (YASIP), H. Yudi Dewanto, SE, Ketua Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Drs. Falex Soeleiman, M.Si beserta stafnya dan 24 orang mahasiswa.


Kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi, juga dimaksudkan dalam rangka penandatangan perjanjian kerjasama antara STKS Bandung dan STISIPOL Candradimuka Palembang. Kerjasama ini meliputi kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan penelitian, diantaranya pembahasan kurikulum; pertukaran dosen dan mahasiswa; pertukaran publikasi hasil penelitian melalui jurnal; serta pelaksanaan kuliah umum, seminar, workshop dan konferensi bidang kesejahteraan sosial.

Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang, jurusan kesejahteraan sosial masih kekurangan dan kesulitan mencari tenaga dosen yang linear secara kompetensi. Oleh karena itu, perlu diagendakan pelaksanaan kuliah umum dengan mengundang dosen-dosen dari STKS Bandung yang dapat dihadiri oleh semua praktisi dari dinas terkait dan pertukaran mahasiswa untuk berbagi ilmu dan pengalaman khususnya di bidang kesejahteraan sosial. Pada pertemuan ini juga diadakan sesi tanya jawab dengan mahasiswa STISIPOL terutama mengenai beasiswa, pertukaran mahasiswa antar kampus, pertukaran informasi mengenai profesi pekerjaan sosial melalui forum mahasiswa dan sharing literatur. Terkait dengan perayaan 50 tahun emas STKS Bandung, mahasiswa STISIPOL Candradimuka Palembang juga turut diundang untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan student forum melalui penulisan karya ilmiah yang nantinya akan diperlombakan. Kunjungan ini diakhiri dengan penandatangan nota kerjasama antara Ketua STKS Bandung, Dr. Kanya Eka Santi, MSW dan Ketua STISIPOL Candradimuka Palembang, Dr. Lishapsari Prihatini, M.Si, serta kunjungan ke Prodi Pascasarjana Sp-1 Pekerjaan Sosial, Gedung Rektorat dan Laboratorium Pekerjaan Sosial di kampus STKS Bandung.***(d.friyana/f.rizki/dok.humas-stks).

 
WORKSHOP PENGEMBANGAN SDM BIDANG KESSOS STKS TAHUN 2014 PDF Cetak
Ditulis oleh f.rizki/D. Friyana | Layout: Micho Siagian   
Selasa, 16 September 2014 05:15

Pada hari Senin-Selasa, 8-9 September 2014, bertempat di Hotel Jayakarta Bandung, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Kesejahteraan Sosial tahun 2014. Kegiatan Workshop ini merupakan agenda rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh STKS Bandung. Pada tahun ini peserta workshop melibatkan para alumni STKS Bandung dan Kepala SMK yang melakukan kerjasama dengan STKS Bandung.

Harapannya STKS Bandung sebagai perguruan tinggi dapat berperan strategis dalam meningkatkan mutu/kualitas pendidikan untuk mencetak pekerja sosial professional, juga ikut serta mempersiapkan para alumni STKS Bandung dalam memahami kondisi dunia kerja yang akan dihadapi. Selain itu kerjasama dengan para Kepala SMK diharapkan mampu memperluas kesempatan bagi lulusan SMK jurusan pekerjaan sosial untuk melanjutkan pendidikannya di STKS Bandung dan memperoleh peluang kerja.

Kegiatan workshop ini di buka oleh Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI, Mu’man Nuryana, Ph.D, yang juga memberikan paparan dengan materi “Meningkatkan Daya Saing Alumni STKS Bandung di Era Globalisasi”.


Hadir pada kegiatan ini Ketua STKS Bandung, DR. Kanya Eka Santi, MSW, Pembantu Ketua I, II dan III STKS Bandung, Pejabat Struktural Eselon III dan IV dilingkungan STKS Bandung serta para narasumber Armay, SH., M.Hum., MM (Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Sosial RI), Prof. DR. Abdul Mujib, M.Si (Pakar Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullaoh Jakarta), Surya Willy, S.Kom., M.Si (Kepala Bidang INKA BKN Regional III Provinsi Jawa Barat)


Melalui kegiatan workshop ini diharapkan STKS Bandung sebagai perguruan tinggi dapat berperan strategis dalam meningkatkan mutu/kualitas pendidikan untuk mencetak pekerja sosial professional dan dapat memperluas kesempatan bagi lulusan SMK Jurusan pekerjaan sosial untuk melanjutkan pendidikan di STKS Bandung.***(F.rizki/D. friyana/dok.humas-stks)
 
« MulaiSebelumnya12345678910BerikutnyaAkhir »